You Are Here: Home - - SEKILAS SMK NEGERI 16 JAKARTA


SMK Negeri 16 Jakarta merupakan salah satu sekolah kejuruan Kelompok Bisnis Manajemen yang berada di Jakarta berlokasi di Jalan Taman Amir Hamzah Jakarta Pusat.

SMK Negeri 16 Jakarta didirikan pada tanggal 2 Juni 1969 berdasarkan SK Mendikbud No. 87/UKK-3/1969, dengan nama SMEA Negeri 16 Jakarta dengan membuka 3 jurusan/program studi yaitu : Akuntansi, Sekretaris dan Manajemen Bisnis.

Dalam kurun waktu 1969 s.d 2010 SMK Negeri 16 Jakarta telah meluluskan +7700 yang tersebar dalam instansi baik pemerintah maupun swasta bahkan ada yang telah menjadi Kepala Sekolah SMK Negeri di Jakarta. Tentu saja keberhasilan ini merupakan kesuksesan bersama yang dimotori oleh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang cukup handal.

SMK Negeri 16 Jakarta yang semula bernama SMEA Negeri 16 memiliki sejarah sebagai berikut :
  1. SMK Negeri 16 Jakarta semula bernama SMEA 16 Jakarta, berdiri pada tanggal 2 Juni 1969 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor :87/UKK.3/1969 NSS : 3410160062.O yang beralamat di Jalan Tanah Abang II Jakarta Pusat.
  2. Pada tahun 1970 lokasi sekolah pindah di Jalan Taman Amir Hamzah Jakarta Pusat, sampai sekarang.
  3. Sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 036 /O/ 1977 tanggal : 7 Maret  1977 tentang Perubahan Nomenklatur SMKTA, maka SMEA Negeri 16 Jakarta berubah nama menjadi SMK Negeri 16 Jakarta sampai sekarang.
  4. Secara fisik  bangunan gedung juga sudah mengalami perubahan mulai dari rehab sebagian dengan bangunan satu lantai menjadi dua lantai dan kini bangunan SMK Negeri 16 Jakarta merupakan bangunan baru empat lantai yang megah dan asri.


Selama Perjalanan sejarah SMK Negeri 16 Jakarta telah mengalami beberapa pergantian kepala sekolah yaitu :

  1. Drs. H.S. Sigit Purnomo                    (1969 – 1970)
  2. Drs. Soewito                                     (1970 – 1976)
  3. Wastuti                                              (1977 – 1985)
  4. Drs. R. Imam Muhadi, S                    (1985 – 1988)
  5. Drs. H. Darkosih                               (1989 – 1992)
  6. Drs. H. Item Ali                                 (1992 – 1999)
  7. Drs. D. Edi Siswoyo, MM                 (1999 – 2005)
  8. Dra. Hj. Hafidotul Faizah, MM          (2005 – 2006)
  9. Drs. Tayib                                         (2006 – 2008)
  10. Dra. Eni Nugrahaningsih, M.Si           (2008 – 2010)
  11. Nanik Radmiasih, S.Pd                      (2010 – 2012)
  12. Dra. Endri Suryani, MM                    (2012 - sekarang) 

Saat ini manajemen SMK Negeri 16 Jakarta dibawah kepemimpinan Dra. Endri Suryani, MM didampingi oleh 5 orang wakil yaitu:
  1. H. Agus Muslim, S.Pd., M.M.                Wakil Bidang Manajemen Mutu
  2. Tri Eriyani, S.Pd                                     Wakil Bidang Kurikulum
  3. Yasma Isfa Endri, S.Pd.                          Wakil Bidang Hubin / DUDI
  4. Jamaludin Hr., S.Ag.                              Wakil Bidang Kesiswaan
  5. Euis Permanasari, S.Pd.                          Wakil Bidang Sarana Prasarana

Dalam rangka meningkatkan kemampuan kompetensi jurusan maka dibantu oleh 4 Ketua Program, yaitu :
  1. Hermawati, S.Pd                                    Kaprog Keahlian Akuntansi
  2. Titin Sri Suprihatin, S.Pd                         Kaprog Keahlian Penjualan
  3. Dra. Yeti Suhayati                                   Kaprog Keahlian Adm. Perkantoran
  4. N. Lilies Kurniasih, S.Pd., M.Psi             Koordinator Normatif Adaptif

Jumlah Tenaga Pendidikan atau Guru yang handal berjumlah 45 orang  yang terdiri dari 31 orang PNS dan 14 orang Tenaga Honorer. Untuk Tenaga Kependidikan dimotori oleh Pjs. Kepala TU yaitu Bapak M. Tabinta, S.Pd, sedangkan Pembina OSIS dijabat oleh Firdaus, S.Pd.

SMK Negeri 16 Jakarta merupakan salah satu sekolah kejuruan Kelompok Bisnis Manajemen yang berada di Jakarta berlokasi di Jalan Taman Amir Hamzah Jakarta Pusat. SMK Negeri 16 Jakarta didirikan pada tanggal 2 Juni 1969 berdasarkan SK Mendikbud No. 87/UKK-3/1969 dengan nama SMEA Negeri 16 Jakarta membuka 3 jurusan/program studi yaitu, Akuntansi, Sekretaris dan Manajemen Bisnis.

SMKN 16 dinyatakan menjadi sekolah sehat oleh walikota Jakarta pusat,karna mereka telah memenuhi kriteria sebagai sekolah sehat di antaranya mereka memiliki taman yoga dengan berbagai tanaman obat dan berbagai fasilitas yang bersih & nyaman Taman SMKN 16 menjadi contah untuk sekolah- sekolah lain baik SMP dan SD,karna taman mereka memiliki keunikan letak taman mereka di buat lebih tinggi dan letak sekolah mereka jauh dari kebisingan,keramaian sebab disekitar sekolah bersebelahan dengan rumah – rumah pejabat negara seperti,ketua umum PDIP .Mereka juga membuat lubang – lubang biopori untuk peresapan air agar system aliran air mereka berjalan lancar.Sebagai sekolah sehat mereka juga memperhatikan masalah jajanan yang ada di kantin mereka seperti makanan kecil tidak diperkenankan dijual tetap.

Sebagai salah satu peserta pawai kampanye bahaya rokok pada peringatan hari tanpa tembakau,Minggu 31 Mei 2009 di bundaran HI dengan memabawa replikasi bungkus rokok raksasa yang diselenggarakan oleh yayasan jantung sehat Indonesia. SMK N 16 banyak mencuri perhatian publik karna mereka membuat replica bungkus rokok raksasa dengan beground seorang kakek sedang merokok.

Salah satu kegiatan SMKN 16, DAKU (dunia remajaku seru) kegiatan ini menginformasikan dan merealisasikan untuk tidak memakai narkoba dan pergaulan bebas agar mereka dapat meyebar luaskan khususnya Di lingkungan sekolah serta mencontohkan pemuda – pemuda yang baik dan bertaqwa.Dengan keadaan sekolah yang mendukung mereka dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam Salah satu lubang biopori sebagai media resapan air bidang akademik maupun non akademik anggota DAKU saat ini berjumlah 40 orang. Mereka telah melakukan seminar di sekolah mereka.sehat jasmani dan rohani SMKN 16 punya, mereka beleja dari hari senin – sabtu sedangkan kegiatan ekstra kulikuler dilakukan setelah jam pulang sekolah, walapun mereka lelah dengan keadaan sekolah yang asri mereka tetap bersemangat mengikuti pengembangan diri.

Beberapa siswa yang di minta pendapatnya ini menyatakan ,sekolah kami sangat nyaman dan cocok untuk belajar yang representative sehingga kami lebih focus untuk menuju dunia industry dan menghasilkan lulusan yang mencapai 99,04% dari 205 peserta, dinyatakan lulus 203 peserta dengan kenaikan nilai rata – rata UN yang cukup signifikan , yang kompeten dibidangnya. Untuk sehat rohani SMKN 16 banyak melakukan kegiatan keagamaan dimulai dari pagi hari sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar serta diwajibkan tadarusan 10-15 menit dan memperingatin hari besar Islam seperti,isra miraj serta mengikutsertakan masyarakat sekitar setiap kegiatan besar SMKN 16 seperti, buka puasa bersama, hubungan guru dengan muridnya keakraban sangat terasa begitu kami memasuki wilayah SMKN 16.Sarana dan prasarana di SMKN 16 dari WC,LAB dan ruang praktikum bersih dan nyaman, sampai ke kantinpun kebersihan tetap terjaga,tempat sampah diletakan ditempat –tempat yang strategis dan mudah dijangkau siswa,bahkan tempat pembuangan akhir sementara diklasifikasikan sampah organik dan non organik.

Klasifikasi tempat sampah organik dan organik Keunggulan SMKN 16 dilihat dari akademik jelas tahun lalu mereka menyabet juara 1 untuk bidang akuntansi tingkat kota dan bidang-bidang yang lain-pun tak mau kalah penjualan dan perkantoran meraih juara yang sama tingkat kota dan dibidang non akademik mereka menjuarai lomba taman terindah,asri SMA/SMK TINGKAT KOTA JAKARTA PUSAT. Sekolah mereka-pun dijadikan green school dan menjadi contoh taman untuk SD,SMP. mendapat penghargaan setinggi-tingginya dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta,sebagai juara IV lomba sekolah sehat (LSS) tahun 2008,10 juni 2009.Semua itu diraih dengan usaha dan didukung oleh beberapa elemen terkait untuk meraih suatu prestasi yang gemilang tentunya dan kiranya prestasi ini dapat dipertahankan dimasa yang akan mendatang.
Tags:

0 komentar

Leave a Reply